Ketua MPR: Hadirkan Nilai Pancasila di Bidang Ekonomi dan Pembangunan

Jakarta – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menekankan pentingnya bagi bangsa Indonesia untuk melaksanakan Pancasila di berbagai bidang. Salah satunya di bidang ekonomi sesuai dengan sila ke 3.

“Sila ke 3 itu intinya nasionalisme. Jangan sampai alamnya dikuasai orang asing, tetapi warganya hanya bisa jadi kuli”, kata Zulkifli.

Hal itu disampaikan saat menerima audiensi Gerakan Pribumi Indonesia (Geprindo), dan Indonesia Democracy Forum Institute (INDEI) di Ruang Kerja MPR, Senin (6/6/2017). Kehadiran Geprindo dipimpin Presidennya, Bastian J. Simanjuntak dan INDEI dipimpin Ketuanya Wahlanda Money.

Karena itu, lanjut Zulkifli, pembangunan harus memberikan dampak yang baik. Bukan malah menjadikan masyarakat sengsara.

“Kalau investornya dapat untung masyarakatnya juga harus sejahtera, karena senasib sepenanggungan itu adalah Pancasilais,”imbuhnya.

Zulkifli menambahkan Pasal 33 UUD 1945 juga menegaskan bahwa kekayaan alam harus digunakan sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat.

“Yang paling penting adalah menghadirkan nilai-nilai Pancasila di Bidang Ekonomi dan Pembangunan. Rakyat yang terdampak harus dapat ganti untung yang sepadan,” tuturnya.

Ajak Media Bersikap Independen

Di acara terpisah, saat menjadi narasumber Dialog Pilar Negara yang berlangsung di press room parlemen, Zulkifli mengajak seluruh awak media, cetak, online dan elektronik agar senantiasa menyampaikan berita secara independen.

“Jangan sampai menjadi media parsitisipatif, apalagi tim sukses. Karena tim sukses itu, ada yang sukses ada juga yang tersakiti,” ungkapnya.

Menurut Zulkifli tidak ada yang diuntungkan kalau bangsa Indonesia sampai terpecah “Karena itu jangan menyiram dengan bensin sehingga suhu makin panas,”ujar Ketum PAN ini.

Situasi saat ini, lanjut Zulkifli, banyak masyarakat percaya dan menyebar hoax karena kecewa dengan pemberitaan media yang tidak berimbang.

“Melawan hoax bisa dimulai dari pemberitaan yang objektif dan berimbang, agar pembaca percaya media masih kredibel. Jangan sampai hoax malah makin menyebar,”pungkasnya.

sumber: https://news.detik.com/berita/d-3521038/ketua-mpr-hadirkan-nilai-pancasila-di-bidang-ekonomi-dan-pembangunan