Zulkifli Hasan: Aspirasi PAN Sama dengan Masyarakat Jakarta

Jakarta – Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan mengaku tidak menduga hasil perolehan suara pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada Pilkada DKI putaran kedua bisa mengungguli Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat.

Merujuk hasil quick count sejumlah lembaga survei, Anies-Sandi memenangi Pilkada DKI.

PAN merupakan salah satu partai pengusung Anies-Sandi bersama Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera.

“Ternyata betul kan apa yang diminta oleh rakyat, kami itu (PAN) sama dengan apa yang diputuskan hari ini oleh rakyat jakarta,” kata Zulkifli, di DPP PAN, Jakarta, Rabu (19/4/2017).

Zulkifli mengatakan, awalnya ia menduga Anies-Sandiaga akan menang tipis dari Basuki- Djarot.

“Saya juga di luar perkiraan ternyata kan selisihnya sampai 15-16 persen. Saya kira selisihnya menang tipis. 17 persen (suara Agus-Sylvi) pindahnya ke sini semua,” ujar Zulkifli.

Berdasarkan hasil final quick count Litbang Kompas, pasangan Anies Baswedan- Sandiaga Uno unggul dengan perolehan 58 persen suara.

Sementara itu pasangan Ahok- Djarot memperoleh 42 persen suara. Peneliti Litbang Kompas, Ratna, mengatakan hasil ini merupakan prediksi terkait hasil putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017.

Untuk hasil resmi, masih harus menunggu perhitungan dari KPU Provinsi DKI Jakarta.

Quick Count putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017 Litbang Kompas kali ini mengambil sampel di 400 TPS yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta dengan 227.954 pemilih.

Metode penentuan TPS dengan menggunakan teknik penarikan sampel secara acak sistematis berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di DKI Jakarta.

Dengan tingkat kepercayaan 99 persen dari total maksimal pemilih adalah 7.218.280, maka simpangan kesalahan diperkirakan akan kurang dari satu persen.

sumber: http://nasional.kompas.com/read/2017/04/19/22325431/zulkifli.hasan.aspirasi.pan.sama.dengan.masyarakat.jakarta