Zulkifli Hasan: Dulu Saya Jalan Kaki dari Desa ke Sekolah

Tanggerang – Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, menyampaikan orasi ilmiah dalam Wisuda Sarjana ke-40 dan Pascasarjana ke-28 Universitas Mercu Buana di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Banten, Rabu (26/7). Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan bahwa di era persaingan bebas, siapapun mempunyai hak sama untuk menjadi apapun.

“Apapun latar belakangnya, semua punya hak yang sama. Tinggal sejauh mana usaha dan kerja kerasnya meraih cita-cita,” kata Zulkifli dalam keterangan tertulis yang diterima Rabu (26/7).

Di hadapan 5.000 sarjana dan civitas academica Universitas Mercu Buana, Zulkifli menceritakan masa lalunya saat di desa. Tepatnya terkait perjalanannya dari desa merantau sampai akhirnya menjadi Menteri Kehutanan dan Ketua MPR RI. “Kalau saya yang dari desa sekolah jalan kaki dan bahkan kuliah sambil kerja saja bisa jadi Ketua MPR, saya yakin sarjana Universitas Mercu Buana bisa jauh lebih sukses,” kata dia.

Dia mengatakan, tantangan generasi saat ini adalah menghadapi globalisasi dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. “Di mana putra putri terbaik Indonesia 50 tahun lagi? Ketika kemajuan teknologi sudah menyebar ke semua sektor? Saya percaya Indonesia bisa unggul dan memimpin di depan,” ujar Zulkifli.

Dia pun tak lupa mengajak kampus membantu sosialisasi Empat Pilar. “Kampus dan mahasiswa adalah agen perubahan yang menentukan arah sejarah republik. Kami di MPR siap bersinergi dengan universitas di seluruh Indonesia sosialisasikan nilai-nilai luhur kebangsaan,” kata politikus dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

 

sumber: http://www.republika.co.id/berita/mpr-ri/berita-mpr/17/07/26/otoyr7425-zulkifli-hasan-dulu-saya-jalan-kaki-dari-desa-ke-sekolah